Telp / Fax : 0541-661350

Jl. Pahlawan Bukit Biru, Tenggarong, Kutai Kartanegara

Akhir Tahun, Jembatan Kartanegara Terang Benderang

Oleh: ADMIN | 2016-12-28 | BERITA | 4630

Gambar


Berbasis PJU Pintar, Rusak Langsung Terdeteksi di Ponsel

TENGGARONG – Jembatan Kartanegara akan nampak berbeda saat pergantian tahun 2016-2017 ini. Jembatan yang setiap malam harinya gelap gulita tersebut akan terang benderang. Saat ini, pekerja tengah merakit lampu di jembatan kebanggaan warga Tenggarong itu.


“Diperkirakan akhir tahun ini sudah menyala, tahun baru nanti Jembatan Kartanegara sudah diterangi PJU (Penerangan Jalan Umum, Red),” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kukar, Marsidik saat dihubungi Koran Kaltim, kemarin.


Menurut Marsidik, sesuai kontrak, pemasangan lampu itu berakhir pada 31 Desember. Jika kontraktor tidak memenuhi target, pihaknya akan menjatuh-kan sanksi berupa denda.


Ada sebanyak 40 lampu yang akan dipasang di jembatan tersebut, di mana setiap sisi akan dipasang 20 lampu dengan kapasitas masing-masing 200 watt. “PJU ini mengunakan lampu LED. Meski kecil sudah sangat terang untuk menerangi jalan,” ujar Marsidik.


Lampu yang dipasang ini berbasis teknologi canggih atau PJU pintar. Sistem yang digunakan ini cukup mudah dan sangat simpel, di mana operasionalnya cukup menyalakan atau mematikan lampu melalui ponsel.


Petugas juga bisa langsung mengetahui jika ada lampu yang rusak karena hanya dikontrol melalui ponsel. “Ketika terjadi kerusakan atau salah satu lampu mati, maka seketika dapat diketahui petugas karena terdeteksi langsung di dalam sistem melalui notifikasi,” jelas Masrsidik.


Selain itu, terangnya, lampu dan pemakaian dayanya juga bisa dikendalikan petugas, tergantung dengan situasi dan kondisi di lapangan. Bahkan saat kondisi jalan sepi, di mana jumlah kendaraan yang melintas kurang, lampu pun secara otomatis meredup. “PJU yang digunakan di Jembatan Kartanegara ini hemat biaya,” klaim Marsidik.

 

http://www.korankaltim.com/akhir-tahun-jembatan-kartanegara-terang-benderang/