Telp / Fax : 0541-661350

Jl. Pahlawan Bukit Biru, Tenggarong, Kutai Kartanegara

Jembatan Kartanegara Akhirnya Terang

Oleh: ADMIN | 2017-01-03 | BERITA

TENGGARONG – Jembatan Kartanegara akhinya terang benderang setelah Dinas Perhubungan (Dishub) Kukar me-masang sejumlah lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di jembatan kebanggaan masyarakat Tenggarong itu.


Mantan Kadishub Kukar, Marsidik pekan lalu mengatakan, lampu di jembatan itu sudah dinyalakan sejak Kamis (29/12) malam lalu. Ada sebanyak 38 unit PJU yang di-operasionalkan atau kurang dari dua unit seperti yang direncanakan sebelumnya.


“Tadi malam (Kamis malam) sudah terang benderang, itu uji coba sekaligus langsung dioperasikan,” kata Marsidik yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penang-gulangan Bencana.


Lampu yang dipasang ber-garansi dari pabrik selama empat tahun. “LED sistem, hemat energi, jaminan empat tahun. Kalau mati langsung diganti oleh pabrik,” tutur Marsidik.


Selain itu, lanjutnya, kontraktor pemasangan juga akan mela-kukan pengawasan PJU Pintar ini selama enam bulan, terhitung sejak bulan Desember 2016 hingga Juni 2017 mendatang. pengawasan tersebut dari operasional lampu hingga ke sistem jaringan.


Nantinya Dishub akan me-nyiapkan operator khusus untuk memantau PJU tersebut, untuk mengontrol operasional jembatan tersebut.
PJU yang dipasang ini berbasis teknologi canggih atau PJU pintar. Sistem yang digunakan ini cukup mudah dan sangat simpel. Operator cukup menekan melalui ponsel jika ingin menghidupkan atau mematikan lampu.


“Selain itu, apabila terjadi kerusakan, maka akan ada notifikasi. Terangnya lampu dan pemakaian dayanya juga bisa dikendalikan petugas, tergantung dengan situasi dan kondisi di la-pangan. Bahkan saat kondisi jalan sepi, dimana jumlah kendaraan yang melintas kurang, lampu pun secara otomatis meredup, dan sebaliknya,” terangnya.

 

http://www.korankaltim.com/jembatan-kartanegara-akhirnya-terang/